Langsung ke konten utama

Artikel Terbaru

Iseltwald, Desa Kecil Cantik di Tepi Danau Brienz, Swiss

Monte San Salvatore, Lugano, Swiss

Monte San Salvatore, Lugano, Swiss
Monte San Salvatore dan Danau Lugano (photo: Flodur63/Wikimedia Commons)
Monte San Salvatore merupakan sebuah gunung kecil setinggi 912 meter yang terletak tepat di atas Danau Lugano (Lago di Lugano), wilayah kota Lugano. Kota Lugano sendiri merupakan kota terbesar di Canton Ticino, canton paling selatan di wilayah Swiss, serta langsung berbatasan dengan negara Italia di sebelah selatan. Canton Ticino juga merupakan satu-satunya canton di negara ini yang menggunakan Bahasa Italia sebagai bahasa resmi.

Parco san Grato, Lugano
Parco San Grato, Carona, Monte San Salvatore (photo: Hans Chr. R./Wikimedia Commons)
Monte San Salvatore merupakan bagian dari Pegunungan Alpen Lepontine. Deretan pegunungan tersebut membentang mulai dari wilayah canton Valais, Ticino, Uri, dan Graubünden, hingga ke wilayah utara Italia tepatnya di region Piedmont dan Lombardy. Tepat di atas puncak gunung ini terdapat desa kecil cantik yang dikenal dengan nama Carona. Desa tersebut merupakan destinasi populer bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Danau Lugano dari ketinggian, serta keindahan taman bunga Parco San Grato.

Kereta funicular Monte San Salvatore
Kereta funicular Monte San Salvatore (photo: Martin Sauter at German Wikipedia)
Untuk mencapai puncak Monte San Salvatore juga cukup mudah. Pengunjung bisa menggunakan kereta funicular Funicolare Monte San Salvatore. Jalur kereta tersebut menghubungkan kota Lugano dengan pucak gunung ini. Stasiun kereta pertama terletak di Paradiso, wilayah pinggian kota Lugano; sementara stasiun kedua terletak tepat di puncak Monte San Salvatore. Ada 2 kereta yang beroperasi di jalur ini: satu berangkat dari stasiun kota, sementara kereta lainnya berangkat dari stasiun puncak. Setiap kereta beroperasi setiap 30 menit dan dapat menampung penumpang hingga 60 orang. Dari kota hingga ke puncak, kereta funicular ini hanya membutuhkan waktu sekitar 12 menit. Selain panorama kota Lugano dan Danau Lugano, dari kereta ini pengunjung juga bisa melihat keindahan Monte Generoso dan wilayah enclave Italia, Campione.




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Danau Braies, Danau Cantik di Provinsi South Tyrol, Italia

Danau Braies, South Tyrol - foto oleh Ales Krivec / Pixabay Danau Braies , atau Lago di Braies (Pragser Wildsee) , adalah sebuah danau cantik berwarna biru kehijauan yang terletak di Provinsi Alto Adige (South Tyrol) , wilayah utara Italia. Danau ini terletak di Lembah Braies (Prags Valley) serta termasuk dalam wilayah kota Braies (Prags). Luas permukaan danau ini sekitar 31 hektar dan berada pada ketinggian 1.496 m dari permukaan laut.

Volendam, Noord-Holland, Belanda

Volendam, Belanda Volendam merupakan sebuah kota cantik yang terletak di Provinsi Noord-Holland . Secara geografis, kota ini terletak di tepi Teluk Ijsselmeer, wilayah utara Belanda. Volendam termasuk dalam wilayah administrasi Edam-Volendam. Dari Amsterdam, kota cantik ini hanya berjarak sekitar 22 km ke sebelah utara. Jumlah penduduk kota ini sekitar 22 ribu jiwa pada tahun 2007.

Appenzell, Kota Kecil Cantik di Kanton Appenzell Innerhorden, Swiss

Appenzell, Appenzell Innerhorden - foto oleh Patrick Nouhailler Appenzell merupakan sebuah desa sekaligus kota kecil yang terletak di wilayah timur-laut Swiss. Kota cantik ini merupakan ibu kota Kanton Appenzell Innerhorden. Meski merupakan ibu kota kanton tetapi Appenzell tidak memiliki pemerintah kota sendiri. Administrasi di wilayah kota ini mengikuti ketiga distrik di sekitarnya yaitu distrik Appenzell yang memiliki nama yang sama, Schwende, dan Rüte. Karena keunikan sistem administrasi tersebut menjadikan Appenzell sebagai kota dengan tujuan khusus, atau yang dikenal dengan istilah Feuerschaugemeinde .